Selasa, 03 November 2009

Perangkat untuk mengakses internet

ISP

Sebuah penyedia layanan Internet (ISP), juga kadang-kadang disebut sebagai penyedia akses Internet (IAP), adalah perusahaan yang menawarkan para pelanggan akses ke Internet. ISP menghubungkan ke para pelanggan menggunakan teknologi transmisi data yang sesuai untuk menyampaikan Internet Protocol datagrams, seperti dial-up, DSL, modem kabel, nirkabel atau dedicated interkoneksi kecepatan tinggi. ISP dapat menyediakan Internet e-mail account kepada pengguna yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan mengirim dan menerima pesan elektronik melalui ISP server. (Sebagai bagian dari layanan e-mail, ISP biasanya menawarkan pengguna e-mail client paket perangkat lunak, berkembang baik secara internal atau melalui pengaturan kontrak di luar.) ISP dapat menyediakan layanan lain seperti dari jauh menyimpan file data atas nama pelanggan mereka , serta layanan lainnya yang unik untuk setiap ISP tertentu.


Akhir-Pengguna-ke-ISP Koneksi


ISP menggunakan berbagai teknologi untuk memungkinkan konsumen untuk terhubung ke jaringan mereka. Untuk pengguna dan usaha kecil, yang paling populer termasuk pilihan dial-up, DSL (biasanya Asymmetric Digital Subscriber Line, ADSL), broadband nirkabel, modem kabel, serat ke lokasi (FTTH), dan Integrated Services Digital Network (ISDN) (biasanya tingkat dasar antarmuka). Untuk pelanggan dengan lebih menuntut persyaratan, seperti media-untuk-bisnis besar, atau ISP lain, DSL (sering SHDSL atau ADSL), Ethernet, Metro Ethernet, Gigabit Ethernet, Frame Relay, ISDN (BRI atau PRI), ATM, Internet satelit akses dan jaringan optik sinkronis (SONET) akan lebih mungkin untuk digunakan. Khas rumah pengguna sambungan Dial-up DSL Akses nirkabel broadband Cable Internet FTTH ISDN Wi-Fi Koneksi jenis usaha khas DSL SHDSL Ethernet


Lokasi

Bila menggunakan dial-up atau ISDN metode koneksi, ISP tidak dapat menentukan lokasi fisik pemanggil untuk lebih detail daripada menggunakan nomor dikirim menggunakan bentuk yang tepat Caller ID; itu sepenuhnya mungkin untuk misalnya terhubung ke sebuah ISP yang terletak di Meksiko dari Amerika Serikat. Berarti koneksi lain seperti kabel atau DSL memerlukan sambungan tetap terdaftar node, biasanya terkait di ISP dengan alamat fisik.


ISP Interkoneksi


Sama seperti pelanggan mereka membayar mereka untuk akses Internet, ISP sendiri membayar hulu ISP untuk akses Internet. Sebuah hulu ISP biasanya memiliki jaringan yang lebih besar daripada kontrak ISP dan / atau dapat memberikan kontrak ISP dengan akses ke Internet bagian dari kontrak ISP dengan sendirinya tidak memiliki akses ke. Dalam kasus yang paling sederhana, satu sambungan dibuat ke hulu ISP dan digunakan untuk mengirimkan data ke atau dari bidang Internet di luar jaringan asal, modus ini seringkali interkoneksi mengalir beberapa kali sampai mencapai Tier 1 carrier. Pada kenyataannya, situasi ini sering lebih kompleks. ISP dengan lebih dari satu sudut keberadaan (POP) mungkin telah terpisah sambungan ke hulu ISP di beberapa Pops, atau mereka mungkin pelanggan dari hulu beberapa ISP dan mungkin memiliki sambungan ke setiap salah satu dari mereka pada satu atau lebih titik keberadaan.


Peering


Peering ISP dapat terlibat dalam mengintip, di mana beberapa ISP interkoneksi di peering poin atau Internet pertukaran poin (IXs), yang memungkinkan routing data antara setiap jaringan, tanpa pengisian satu sama lain untuk data-data yang ditransmisikan yang seharusnya sudah melewati hulu ketiga ISP, menimbulkan biaya dari hulu ISP. ISP tidak memerlukan hulu dan hanya memiliki pelanggan (akhir pelanggan dan / atau rekan ISP) disebut Tier 1 ISP. Jaringan perangkat keras, perangkat lunak dan spesifikasi, serta keahlian dari jaringan manajemen personil adalah penting dalam memastikan bahwa data berikut rute yang paling efisien, dan hulu sambungan bekerja andal. Sebuah tradeoff antara biaya dan efisiensi dimungkinkan. [sunting] Virtual ISP Artikel utama: VISP A Virtual ISP (VISP) adalah sebuah operasi yang pembelian layanan dari ISP lain (kadang-kadang disebut "grosir ISP" dalam konteks ini [1]) yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses VISPs Internet menggunakan layanan dan infrastruktur yang dimiliki dan dioperasikan oleh grosir ISP . [sunting] Free ISP Free ISP Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan layanan gratis. Banyak ISP menampilkan iklan gratis sementara pengguna terhubung; seperti televisi komersial, dalam arti mereka menjual perhatian pengguna ke pengiklan. ISP bebas lainnya, sering disebut freenets, dijalankan atas dasar nirlaba, biasanya dengan staf relawan.



PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET


  • DIAL UP

Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.


Masih banyak
orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis.
Untuk melakukan Dial-up Connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
Perangkat keras (hardware):



  1. Komputer

  2. Modem

  3. Saluran Telepon

Perangkat Lunak (software): pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang perlu kita lakukan adalah:



  1. Berlangganan ke salah satu ISP terdekat

  2. Memasang modem ke komputer kita

  3. Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP

  4. Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP

Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet. Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer terputus dari Internet.
Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh
dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).
Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).



  • MELALUI TEKNOLOGI ADSL

ADSL,Asymmetric Digital Subscriber Line, teknologi modem untuk komunikasi multimedia komunikasi data berkecepatan tinggi yang memanfaatkan kabel twisted-pair kabel telepon yang telah eksis. Kecepatan transmisinya dapat sampai mencapai 6 Mbps .



HFC,Hyber Fiber Coax, salah satu jenis jaringan yang memadukan kabel koaksial dengan kabel fiber di gunakan untuk mengirimkan data, gambar dan suara atau layanan multimedia. Jenis jaringan ini dikembangan setelah melihat kenyataan bahwa sebagian besar jaringan untuk layanan televisi kabel saat itu menggunakan kabel koaksial.


Dengan mulai berkembangnya layanan multimedia di butuhkan jaringan dengan lebar pita (bandwidth) yang lebih besar di jaringan utama untuk melayanin konsumen yang juga semakin bertambah. Karena investasi yang dibutuhkan untuk menggantikan seluruh jaringan dengan kabel fiber sangat besar, maka di kembangan teknik ini dengan harapan mengurangin biaya investasi.


NMT 450,Nordic Mobile Telephone, standar komunikasi seluler analog yang bekerja pada frekuensi 450 MHz.Standar ini dikembangkan dan digunakan oleh negara-negara nordic tahun 1981
AMPS,Advanced Mobile Phone System, standar komunikasi seluler analog yang bekerja pada frekuensi 800 MHz.Standar ini dikembangkan dan digunakan tahun 1983



TACS,Total Access Communication System, standar komunikasi seluler analog ;serupa dengan AMPS; hanya bekerja pada frekuensi 900 MHz.Standar ini dikembangkan dan digunakan 1985
NMT 900,Nordic Mobile Telephony,standar komunikasi seluler analog yang bekerja pada frekuensi 900 MHz.Standar ini dikembangkan dan digunakan oleh negara-negara nordic tahun 1986
GSM,Global System for Mobile Communication,standar komunikasi seluler digital yang bekerja pada frekuensi 900 MHz.Standar ini dikembangkan oleh gabungan negara-negara Eropa dan di gunakan secara komersial pada tahun 1991. Modulasi yang digunakan GMSK (0.3 Gaussian Filter), channel spacing 200kHz,channel bit rate 270.833 kb/s, number of channel 124 (8 users /channel), metode duplex yang digunakan FDD,multiple akses metode TDMA/ FDM.


DCS 1800,Digital Cellular System, standar komunikasi seluler digital yang bekerja pada frekuensi 1800 MHz.Standard ini dikembangkan dan digunakan pada tahun 1992 dan merupakan pengembangan dari GSM 900. Modulasi yang digunakan GMSK (0.3 Gaussian Filter), channel spacing 200kHz,channel bit rate 270.833 kb/s, number of channel 374 (8 users /channel), metode duplex yang digunakan FDD,multiple akses metode TDMA/ FDM.



  • MELALUI JARINGAN LAN

Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun war net. sebuah komputer yang dijadikan server ke internet. komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server melalui komputer server.


agar dapat dihubungkan dengan komputer server di LAN, komputer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN card). selanjutnya, untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain, kita memerlukan kabel UTP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar